Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Cipatujah 03/11/2018, kerajinan tangan dari batok ini di buat oleh Bapak Nana Suryana di Kp. Sukajaya RT. 017 RW. 005 Desa Cipatujah Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya,

Cipatujah, Proses pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa (foto riki)

Bapak 2 anak tersebut mulanya hanya membuat jenis celengan untuk tabungan anak-anaknya dan jenis pajangan untuk dirumahnya, setelah banyak orang yang melihat proses pembuatan dan hasil yang di buatnya jadi mulai ada pesanan dari para pegawai-pegawai bank, anggota TNI dan lainnya, proses pembuatannya tersebut dengan alat seadanya tanpa menggunakan alat-alat canggih.

Ada banyak jenis kerajinan yang dibuatnya diantaranya, jenis binatang seperti udang, jenis boneka, jenis teko, dan banyak lagi lainnya. Harganya pun beragam susuai besar dan tingkat kesulitan dari proses pembuatannya dari mulai harga Rp. 150.000,- bahkan sampai Rp. 500.000,-.

Cipatujah, wawancara singkat dengan bapak Nana selaku pembuat kerajinan (foto riki)

“Alhamdulillah bisa meningkatkan ekonomiĀ bisa juga di sebut usaha sampingan lah, dan juga hanya untuk mengembangkan bakat”, tutur bapak nana.

Kalo untuk harapannya menurut bapak nana ” semoga banyak yang berminat dan tentu juga menambah pesanan kerajinan tersebut”.

Cipatujah, jenis burung dari bahan batok kelapa (foto riki)
Cipatujah, salah satu hasil karya Bapak Nana Suryana (foto riki)

 

Kerajinan ini juga rencananya akan di manage dan masuk ke BUMDes.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan